Jumat, 22 Oktober 2010

Manfaat Teknologi Internet Untuk Bisnis

Manfaat Teknologi Internet Untuk Bisnis

Manfaat internet sangat bergantung pada produk dan jasa yang ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan internet secara berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan internet sebagai sarana bisnisnya, apakah dia seorang pemasok, distributor atau seorang pengecer.

Berikut ini merupakan beberapa penerapan dan manfaat teknologi internet dalam dunia bisnis:

1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan

Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperooleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Internet tersebut.

2. Analisa produk dan pasar

Internet dapat dijadikan tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelanggannya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan pruduk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing denghan menelusurinya di internet. Pemakai internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk mencari ide-ide terbaru.

4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyediaan lowongan kerja

Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet. Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilakn menggunakan web tetapi juga ada di internet seperti newsgoup atau usenet.

5. Akses informasi dan penyebaran informasi


Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya pnggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.


Sebagai contohnya klik situs ini bisnis pulsa yang bisa dilakukan secara online dan tentunya sangat murah, penjualan produknya pun bisa dari kalangan ekonomi bawah sampai atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar